google source

Semua Wanita pasti mengalami fase menstruasi atau haid yang masanya tidak selalu sama pada setiap kaum hawa. Lamanya fase ini biasanya 7 hingga 10 hari, ada pula yang tidak sampai 7 hari. Sementara itu jarak waktu dari menstruasi saat ini ke berikutnya kurang lebih 21 sampai 35 hari.

Perubahan suasana hati biasa terjadi pada wanita ketika mengalami fase menstruasi atau haid, oleh karena itu wanita lebih sensitif dan mudah lelah pada fase ini. Pada fase ini rentan wanita melakukan beberapa hal. Apa saja hal tersebut? Berikut beberapa hal yang harus dihindari:

  1. Jangan lakukan kegiatan yang membuat tubuh Anda merasa kesakitan, misalnya mencabut bulu kaki dan ketiak, mencabut gigi, dan mencabut bulu alis. Mengapa demikian? Karena ketika menstruasi hormon estrogen dan progesteron mengalami penurunan sehingga tubuh akan lebih peka terhadap rasa sakit.
  2. Ganti pembalut empat jam sekali. Meskipun tubuh merasa malas beraktivitas namun Anda juga harus tetap mengganti pembalut setiap 4 jam sekali. Efek yang ditimbulkan akibat malas mengganti pembalut yaitu bakteri akan bersarang di miss v dan dapat menjadi penyakit.
  3. Lakukan olahraga ringan. Tidak ada alasan untuk tidak berolahraga meskipun Anda mengalami fase haid. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jalan di sekitar rumah atau lari-lari kecil. Jangan terlalu melakukan aktivitas berat karena Anda akan sangat merasa kelelahan akibat perubahan hormon.
  4. Hindari meminum susu atau produk berbahan susu ketika haid. Mengapa demikian? Bukankah susu memiliki kalsium yang dapat mengurangi kram saat menstruasi? Memang kalsium dapat mengurangi kram saat haid namun dengan mengonsumsi susu ketika fase ini maka perut Anda akan terasa kembung. Karena ketika haid kondisi perut akan terasa penuh dan dengan ditambah susu tentunya perut kita akan semakin mengembang.

Nah, kini Anda sudah lebih mengerti hal yang wajib dihindari pada saat haid. Jangan sepelekan hal kecil yang bermanfaat bagi kesehatan. Biasanya hal yang ditakuti para wanita ketika haid yaitu kebocoran pada saat tidur di malam hari. Selain memilih pembalut yang pas, tak ada salahnya jika Anda menggunakan alas tidur khusus, contohnya perlak kain waterproof dari Happy Day.

Produk baru dari Happy Day cocok untuk wanita menstruasi karena melindungi kasur dari kebocoran di malam hari. Happy Day perlak kain waterproof memiliki 2 lapisan, microfiber dan waterproof. Lapisan microfiber yang lembut, tidak panas dan dapat menyerap cairan dengan cepat. Lapisan waterproof menahan cairan agar tidak tembus di kasur dan tidak menimbulkan bunyi kresek-kresek.

Anda juga dapat mencari referensi alas tidur yang pas bagi Anda bisa melalui online atau rekomendasi teman. Semoga tips diatas bermanfaat bagi Anda.

 

Sumber:

www.menstruasi.com

www.hellosehat.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *